23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara

23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara - Hallo sahabat Berita Kumpulan Berita dan Info Menarik, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel MALUKU UTARA, Artikel TEMPAT WISATA, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara
link : 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara

Baca juga


23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara

Ternate adalah sebuah daerah yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama pada sebuah Pulau Ternate di Provinsi Maluku Utara. Ternate menjadi satu kota otonom sejak 4 Agustus 2010, dan menjadi Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara sampai Sofifi yang menjadi ibukotanya di Pulau Halmahera siap secara infrastruktur.

Ternate sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Ternate, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 23 daftar Tempat Wisata Terbaik di Ternate yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Ternate.

1. Pantai Sulamadaha



Pantai Sulamadaha merupakan pantai berpasir hitam yang terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 15 km dari Kota Ternate. Pantai yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri ini cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan, selain itu di sebelah pantai sulamadaha terdapat sebuah teluk atau hol dengan airnya yang bening dimana anda bisa langsung melihat koral yang ada di bawahnya. Di salah satu sisi pantai ada teluk sempit yang dikelilingi pepohonan yang rindang dan sejuk. Air yang bening dan jernih membuat mata kita bisa melihat kehidupan bawah air dengan jelas. Pantai ini bisa dipakai snorkeling. Untuk yang tidak punya alatnya jangan khawatir karena tersedia persewaan peralatan untuk snorkeling. 

2. Pantai Bobane Ici


Pantai Bobaneha Ici berada di Kelurahan Aftador Kecamatan Pantai, berjarak kurang lebih 20 km di sebelah selatan. Ombak yang ganas serta dipenuhi batu karang yang besar, membuat wisatawan tidak disarankan untuk berenang disini. Namun jangan khawatir, tempat ini sudah dilengkapi fasilitas seperti penginapan, warung makan pinggir pantai dan kolam renang. Menu ikan bakar menjadi santapan yang wajib jika kita mengunjungi tempat ini. Kondisi perut yang lapar, serta disuguhi suara debur ombak dan angin sepoi-sepoi menambah nikmat suasana santap siang.

3. Pantai Tobololo


Pantai Tobololo merupakan pantai berpasir putih yang ada di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Tobololo, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 20 menit dari pusat kota. Selain menawarkan pantai berpasir putih, di pantai tablolo juga terdapat sumber air panas yang letaknya tidak banyak diketahui wisatawan, saat air laut surut para wiaatawan dapat melihat karang yang mencuat ke permukaan sejauh puluhan meter.

4. Pantai Jikomalamo


Pantai Jikomalamo mungkin belum banyak orang yang tahu, pantai ini merupakan salah satu spot snorkeling di ternate yang terbaik. Disini anda dapat melihat indahnya alam bawah laut, tapi anda jangan sampai merusak termbu karang yang menjadi tempat tinggal iklan-iklan di ternate. Pantai Jikomalamo merupakan pantai berpasir putih bersih dengan bentangan pasir putih kurang lebih sekitar 100 meter. Terletak di sebuah teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri di seberangnya, membuat Pantai Jikomalamo ini terlihat sangat indah. Menurut cerita penduduk setempat nama Jikomalamo ini di ambil dari nama kampung yang ada di Pulau Hiri.

5. Pantai Kahona


Pantai Kahona mungkin juga belum banyak orang tahu, namun anda jangan khawatir anda bisa bertanya pada masyarakat sekitar. Yang unik dari pantai ini yaitu adanya batu besar yang memiliki lubang di tengahnya yang berada tepat di bibir pantai.

6. Pantai Kastela


Pantai Kastela berdekatan dengan Benteng Kastela yang bisa Anda temukan di Kota Ternate. Tempat ini jarang dikunjungi wisatawan, namun memiliki keindahan tersendiri. Terletak di dekat benteng Gamlamo dan Monumen Sultan Khairun. Pantai ini merupakan tempat wisata alam dan sejarah . Disini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dibawah sejuknya pepohonan serta terbenamnya matahari saat senja.

7. Pantai Sasa


Pantai Sasa merupakan pantai yang sangat indah. Keindahan pantai ini tidak perlu diragukan lagi pokoknya ini pantai paling keren yang mesti kalian datangin. Pemandangan alamnya sangat indah, sekali datang dijamin kalian pasti akan betah berlama - lama berada di pantai ini.

8. Gunung Gamalama


Gunung Gamalama yang juga memiliki mitos dan keindahan alam yang luar biasa. Perjalanan menuju Gunung Gamalama dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama 30 menit dari pusat Kota Ternate. Untuk mendaki Gunung Gamalama, pendaki haruslah dalam jumlah genap karena masyarakat ternate percaya jika mendaki dengan jumlah ganjil, maka salah satu dari mereka akan celaka. Banyak keindahan alam yang bisa Anda lihat, mulai dari hamparan perkebunan cengkeh dan pala di sepanjang lerengnya, hutan yang hijau dan luas, serta keindahan pemandangan Pulau Ternate, Pulau Halmahera, Pulau Tidore dan hamparan laut yang biru yang dapat dilihat dari puncaknya.

9. Pulau Maitara dan Tidore 


Pulau Maitara dan Tidore adalah salah satu tempat wisata popular di Ternate. Tidak lengkap rasanya bila ke Ternate tidak mengunjungi spot yang sudah terkenal melalui uang pecahan seribu rupiah. Untuk mencapai tempat yang dituju, kita harus bergerak ke arah selatan ke tempat yang bernama Gambesi. Sesampainya di Gambesi bagi yang membawa kendaraan bermotor diwajibkan memarkirkannya di jalan. Setelah itu kita harus berjalan masuk menyusuri rumah-rumah penduduk dan hutan-hutan kecil yang terdapat di setiap kampung untuk sampai di bibir pantai.

10. Danau Laguna


Danau Laguna merupakan salah satu danau di Ternate yang terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, karena berada di Desa Ngade maka Danau Laguna ini juga sering disebut sebagai Danau Ngade. Danau Laguna ini sangat mempesona jika dilihat dari ketinggian, wisatawan akan melihat pemandangan danau laguna dengan latar belakang Pulau Maitara dan Pulau Tidore. Danau laguna berada di tepat di tepi laut. Disini anda dapat melihat hamaran pohon yang hijau dan birunya lautan, selain itu anda juga dapat melihat gagahnya gunung di pulau ternate.

11. Danau Tolire


Danau Tolire merupakan sebuah danau besar dengan latar Gunung Gamalama. Pemandangan di danau ini tentunya cukup memikat. Saat itu air di danau Tolire berwarna hijau tua. Danau ini terletak di Ternate Utara, sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Terdapat 2 buah Danau Tolire, Tolire Kecil yang berwarna gelap berada tepat di pinggir pantai dan Tolire Besar yang berwarna hijau. Jejak aktivitas vulkanik masih bisa kita lihat di danau ini. Untuk mengunjungi Danau Tolire Besar, kita harus berjalan sekitar 300 meter dari jalan utama. Di sekitar Danau Tolire, kita akan disuguhkan pemandangan yang indah sekaligus menyeramkan. Permukaan air yang berwarna hijau muda berdampingan dengan dinding tebing yang menjulang tinggi mengelilingi permukaan air. Di Danau Tolire Besar, kita bisa menemukan berbagai macam jenis ikan disini. 

12. Teluk Jailolo


Teluk Jailolo sudah cukup dikenal sebagai tempat untuk diving. Panorama alam bawah laut yang berupa karang besar dan ikan hias yang berwarna-warni dengan air yang jernih menjadi daya tariknya yang paling utama. Selain itu, Anda juga bisa menyelam di area Pantai Sulamadaha, bahkan di laut yang ada di samping mall dan di depan Masjid Agung Ternate. Baik Maluku maupun Maluku Utara adalah tempat yang paling menakjubkan untuk aktivitas wisata bahari karena kondisi perairannya yang masih sangat terjaga. Anda juga bisa menyelam di area Halmahera Selatan seperti Pulau Gunange / Makian, Kepulauan Guraichi, Saleh, hingga ke Pulau Bacan. Beberapa situs diving lain di Pulau Halmahera adalah di Halmahera Timur, Weda dan Morotai.

13. Batu Angus


Batu Angus merupakan tumpukan sisa lahar letusan Gunung Gamalama yang telah berubah menjadi batu yang tampilannya tampak seperti batu hangus terbakar, letaknya berada pinggir jalan raya Ternate sekitar 10 km dari Kota Ternate. Selain menyajikan lahar yang telah menjadi batu, dari tempat ini wisatawan juga dapat melihat puncak Gunung Gamalama serta birunya laut Ternate. Selain itu di objek wisata Batu Angus terdapat sebuah situs sejarah mengenai tewasnya seorang tentara Jepang yang tewas akibat parasutnya yang tidak terbuka normal pada saat terjun dari pesawat pada tahun 1945. Namun uniknya, bebatuan tersebut berwarna hitam seperti hangus terbakar. Kabarnya, batu angus tersebut merupakan sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada abad ke-17.  

14. Benteng Kastela


Benteng Kastela adalah benteng peninggalan Portugis terletak di Jalan Raya Benteng Kastela Santo Paulo, Desa Kastela. Lokasi benteng ini berada di sebelah utara.  Benteng Kastela yang juga biasa disebut Benteng Gam Lamo yang merupakan sebutan dari Gunung Gamalama. Benteng yang dibangun oleh Antonio de Brito pada tahun 1521 dengan nama Nostra Senora del Rosario ini dibangun secara bertahap yang kemudian dilanjutkan oleh Garcia Henriques pada tahun 1525 dan dilanjutkan oleh Gonzalo Periera hingga terakhir diselesaikan oleh Jorge de Gastro pada tahun 1540. Ketika masuk ke dalam kastil, kita disambut sebuah tugu sebagai ucapan selamat datang dengan patung cengkeh yang besar. Melihat lebih ke dalam terdapat relief yang menceritakan pembunuhan Sultan Khaerun. 

15. Benteng Tolukko


Benteng Tolukko atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama Benteng Hollandia. Benteng yang dibangun pada tahun 1540 oleh seorang panglima Portugis ini dulu digunakan sebagai pertahanan terhadap bangsa Spanyol yang sedang menggempur pulau Ternate. Selain itu, benteng ini juga dijadikan sebagai tempat untuk menggiring rakyat Maluku yang melarikan diri dari serangan Spanyol agar mau kembali tinggal di tempat ini. Selain Benteng Tolukko, ada juga Benteng Kalumata dan Benteng Bernaveld.

16. Benteng Kalamata


Benteng Kalamata merupakan benteng peninggalan Portugis yang kini menjadi objek wisata sejarah di Ternate, lokasinya terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Ternate Selatan. Benteng ini juga punya banyak nama, selain Benteng Kalamata, Benteng ini juga disebut sebagai Benteng Kayu Merah atau Benteng Santa Lucia. Selain dua benteng tersebut ada lagi benteng yang bisa dikunjungi seperti Benteng Oranje dan Benteng Kastela. Jika anda perhatikan, Benteng buatan portugis ini didesain menyerupai empat penjuru mata angin yang memiliki empat bastion berujung runcing dan memiliki lubang bidik.

17. Benteng Oranje


Benteng Oranye atau Oranje merupakan benteng peninggalan Belanda dan termasuk yang pertama dibangun di Indonesia. Benteng ini berdiri pada tanggal 26 Mei 1607, didirikan oleh Cornelis Matclief de Jonge dan diberi nama oleh Francois Witlentt pada tahun 1609 atau pada masa pemerintahan Sultan Mudafar. Nama awal benteng ini adalah benteng Melayu, karena benteng ini dibangun di atas benteng portugis yang pada saat itu digunakan oleh orang Melayu. Lokasi benteng ini sangat strategis karena terletak di pusat Kota Ternate, yaitu kelurahan Gamalama. 

18. Benteng Kota Janji


Dinamakan benteng Kota Janji karena benteng ini pernah menjadi saksi sebagai tempat yang digunakan untuk melakukan perjanjian damai antara Sultan Khairun dengan Gubernur Portugis saat itu. Benteng ini didirikan pada tahun. Berdasarkan sejarahnya, benteng Kota Janji ini dibangun pada tahun 1532 oleh Portugis dan diberi nama Benteng San Jao. Namun karena insiden pembunuhan Sultan Khairun dari Ternate, Portugis diusir dari Pulau Ternate oleh Kesultanan Ternate yang saat itu dipimpin oleh Sultan Babullah pada tahun 1575. Benteng ini kemudian dikuasai oleh pasukan Spanyol pimpinan Gubernur Don Pedro de Acuna yang datang dari Manila pada tahun 1606 yang ingin menguasai Pulau Ternate.

19. Kedaton Kesultanan Ternate




Kedaton Kesultanan Ternate adalah salah satu Wisata Sejarah Kota Ternate. Untuk melihat-lihat dan mengetahui sejarah Keraton Kesultanan Ternate maka dapat meminta jasa guide yang memang sering berada di halaman Keraton. Di dalam bangunan Keraton pun banyak barang-barang peninggalan bersejarah yang memang sengaja dipajang menyerupai ruangan di museum. Barang-barang sejarah yang dipajang tersebut antara lain, jubah pemberian Raja Arab Saudi, kelapa kembar yang merupakan upeti Raja Sangir kepada Sultan Ternate pada tahun 1750, dan lain-lain. Di Keraton tersebut juga disimpan Mahkota Sultan. Rambut pada mahkota tersebut konon meskipun telah berpuluh-puluh tahun tetap tumbuh, meskipun mahkota tidak dipakai. Di halaman depan Keraton setiap pagi selalu dilakukan pengibaran 3 bendera, sedangkan penurunan bendera dilakukan saat petang. Prosesi pengibaran dan penurunan pun selalu tepat dilakukan pada pukul 6 pagi dan 6 petang, baik pada saat panas ataupun badai.

20. Masjid Sultan Ternate


Masjid Sultan ternate merupakan tempat tujuan pertama saat "round gunung". Masjid tersebut cukup menggambarkan arsitektur Indonesia Timur. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, hanya lelaki yang biasa sholat di masjid tersebut. 

21. Masjid Al� Munawwaroh Ternate


Masjid Al� Munawwaroh dibangun oleh Pemerintah kota Ternate di bibir pantai kota tersebut. Masjid begitu menawan. dipandang dari laut, dengan dua menaranya yang memang dibangun di atas laut, memberikan pemandangan yang begitu indah. Masjid Raya Al�Munawaroh kini menjadi landmark kota ternate. 

22. Taman Nukila


Taman yang di ambil berdasarkan nama salah satu permaisuri Sultan Ternate ini (Rainah Boki Raja/Nukila) berada di tengah-tengah kota ternate. Taman ini di lengkapi tempat bermain anak yang menjadikan taman tersebut ramai di kunjungi warga.

23. Ternate Wonder Island


Ternate Wonder Island Terletak di kawasan wisata di propinsi Maluku Utara, tepat di sebelah benteng Kalumata, Ternate Wonder Island adalah sebuah wahana wisata dan permainan air yang telah dibangun pada tahap I dan selesai pada tahun 2013. Pembangunan Ternate Wonder Island ini memakan waktu hingga 2 tahun dengan beberapa kendala yang terjadi di lapangan baik permasalahan teknis dan non teknis. Akan tetapi dengan tenaga ahli yang telah berdedikasi tinggi dalam pekerjaannya, semua permasalahan yang terjadi dapat tertangani dengan baik.


Demikianlah Artikel 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara

Sekianlah artikel 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 23 Tempat Wisata Terbaik di Ternate Maluku Utara dengan alamat link http://lanjutberita.blogspot.com/2016/08/23-tempat-wisata-terbaik-di-ternate.html
Previous
Next Post »